Site icon finansha

SUDAH Tawakkal (Pasrah)?

Tawakkal

Tawakkal”Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaaq [65] : 2-3).

Tawakkal itu… BUKAN hanyah pasrah TANPA ikhtiar.
“Pasrah aja deh… semoga besok ada keajaiban” tapi, ga ngapa-ngapain.
ya ga gitu juga kensepnya

Tawakkal itu… ikat dulu ontanya baik2, baru masuk ke masjid.
Artinya, Kamu usaha dulu, baru kemudian Kamu pasrahkan kepada Allah SWT.

Tawakkal itu… rencanakan keuanganmu baik-baik, lalu hasilnya terserah Allah SWT. ”Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaaq [65] : 2-3).

Tawakkal itu rencanakan keuangan Kamu baik-baik, lalu hasilnya serahkan kepada Allah SWT.

Ibnu Rojab rahimahullah dalam Jami’ul Ulum wal Hikam tatkala menjelaskan hadits no. 49 mengatakan: ”Tawakkal adalah sebenar-benarnya penyandaran hati pada Allah ‘Azza wa Jalla untuk meraih berbagai kemaslahatan dan menghilangkan bahaya baik dalam urusan dunia maupun akhirat, menyerahkan semua urusan kepada-Nya serta meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa ‘tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya, dan mendatangkan manfaat kecuali Allah semata’.”
*sumber: Rumaysho

Dari Umar bin Al Khoththob radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Al Hakim)

Al Qurtubi dalam Al Jami’ Liahkamil Qur’an mengatakan,”Barangsiapa menyerahkan urusannya sepenuhnya kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya.”

Exit mobile version