Home » Investasi Syariah » Sebelum Berinvestasi, Cek ini Terlebih Dahulu
Investasi Untuk Pemula

Sebelum Berinvestasi, Cek ini Terlebih Dahulu

Memiliki investasi pribadi di pasar finansial saat ini sudah menjadi gaya hidup produktif di kalangan anak muda. Pandangan lama bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh kalangan berusia matang, sudah tidak lagi relevan. Ini terlihat dari data demografi investor di Indonesia yang semakin banyak didominasi oleh kelompok usia muda milennial. Bila kita sudah bulat ingin memulai berinvestasi di pasar modal, coba ikuti panduan cara investasi berikut ini:

  1. Ga usah terburu-buru apalagi ikut-ikutan berinvestasi jika Kamu BELUM mempersiapkan hal ini… (jangan lupa di save yah agar Kamu bisa baca sewaktu-waktu)
  2. SEHAT kan terlebih dahulu kondisi keuanganmu
    Maksudnya gimana sih Minsha? Gini, sebelum Kamu berinvestasi pastikan kondisi keuangan Kamu sehat dulu…,
    Misal: LUNASI terlebih dahulu HUTANG KONSUMTIF (hutang kartu kredit, hutang sama teman, hutang sama tetangga, hutang sama saudara dll).
    Kalau belum bisa langsung lunasi, maka prioritaskan cicil setiap bulan secara RUTIN!
  3. DANA DARURAT sudah CUKUP?
    Dana ini digunakan untuk mengantisipasi hal diluar dugaan terjadi…
    Misal; (na’udzubillah) di-PHK atau Bisnis Kamu bangkrut. Maka dana ini, bisa Kamu gunakan untuk ‘menyambung hidup’
  4. ASURANSI KESEHATAN, sudah ADA?
    Minimal banget Kamu harus punya BPJS karena Kita sekarang ditaqdirkan Allah SWT sehat wal’aafiat. Wallahua’lam besok, lusa dst Allah memberikan cobaan sakit dan membutuhkan biaya yang besar untuk berobat.
    Jika Kamu punya askes yang swasta itu juga bisa lebih baik karena tidak perlu beberapa tahap untuk berobat sehingga bisa memudahkan Kamu.
  5. ASURANSI JIWA, sudah CUKUP?
    Jika Kamu adalah pencari nafkah dan memiliki tanggungan maka Kamu wajib memiliki Asuransi Jiwa. Karena asuransi ini akan membantu keluarga Kamu ketika Kamu ditaqdirkan Allah SWT meninggal dunia. Sehingga keluarga Kamu tetap bisa “menjalani hidup” dengan nyaman
  6. Investasi
    Ditahap ini sebaiknya dan idealnya Kamu sudah bisa tenang untuk berinvestasi karena uang yang Kamu miliki sekarang adalah bener-bener uang “dingin” BUKAN uang untuk bayar hutang, Bukan uang untuk dana darurat, bukan uang untuk bayar asuransi dll.
    Tujuan keuangan Kamu juga bakalan cepat tercapai dengan waktu yang tepat. Insya Allah.

Berinvesatasi BUKAN ajang perlombaan dengan “duit” orang lain.
Bersyukur dengan kondisi Kamu saat ini dan tingkatkan skill dan penghasilan tambahan agar Allah mudahkan dalam urusan dunia… Aamiin.

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa ikut konsultasi keuangan atau kelas keuangan bersama kami.