Home » Perencanaan Keuangan Syariah » Pembiayaan/Pendanaan Jaman NOW

Pembiayaan/Pendanaan Jaman NOW

PendanaanSalah satu sumber pemasukan selain Gaji/ Komisi/ Fee/ Remunerasi/ Deviden adalah Pendanaan atau Pembiayaan. Baik untuk individu maupun untuk start up atau UKM atau UMKM.

Ada beberapa alternatif yang bisa dipakai untuk memperoleh pembiayaan atau pendanaan khususnya untuk Kamu yang butuh ekspansi bisnis atau untuk memulai bisnis tapi modal yang terbatas. di antaranya adalah:

Pembiayaan melalui Bank Syariah
Sudah menjadi tugasnya sebagai lembaga intermediary (perantara). Pihak yang ‘kelebhan uang” dan pihak yang “membutuhkan uang”.

Tentunya syarat dan ketentuan untuk nasabah Pembiayaan/Pendanaan masih memerlukan persyaratan yang lumayan “rumit” sehingga banyak Start up atau UKM atau UMKM yang tidak menggunakan Bank untuk melakukan pembiayaan. Diantara persyaratannya adalah adanya agunan/ jaminan berupa asset, jumlah pembiayaan minimal 50 jt dll.

Pembiayaan melalui P2P Lending
Jenis pembiayaan ini sedang digandrungi oleh para pebisnis milenal yang tidak mau repot dengan segala macam administrasi. Apalagi disediakannya platform yang memudahkan investor untuk membantu para pengusaha.
Bahkan ada P2P Lending hanya menggunakan invoice. Tentunya saja ada syarat dan ketentuan yang lain juga ya.
Selengkapnya Kamu bisa baca feeds P2P ini ya…

Pembiayaan/Pendanaan melalui SCF (Securities Crowdfunding)
SCF merupakan metode pengumpulan dana dengan skema patungan yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya.
Source: ojk.go.id

Nantinya investor bisa membeli dan mendapatkan kepemilikan melalui Saham, atau surat tanda kepemilikan bersama (Sukuk).

Saham dari usaha tersebut diperoleh sesuai dengan persentase terhadap nilai besaran kontribusinya.

Melalui SCF, investor dan pihak yang membutuhkan dana dapat dengan mudah dipertemukan melalui suatu platform (sistem aplikasi berbasis teknologi informasi) secara online.
Source: ojk.go.id

Investor akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk dividen atau bagi hasil dari keuntungan usaha tersebut yang dibagikan secara periodik.

Gimana, Kamu tertarik dengan Pembiayaan yang mana nih? Tulis di kolom komentar yahhhh…

Kamu juga bisa ikut kelas perencanaan keuangan syariah bersama kami.