Home » Perencanaan Keuangan Syariah » Merencanakan Biaya Pendidikan Anak

Merencanakan Biaya Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal yang penting bagi seorang anak untuk mencapai kesuksesan di saat dewasa nanti. Karena itu para orang tua menyiapkan Pendidikan terbaik untuk sang buah hati. Salah satu yang disiapkan adalah biayanya. Padahal biaya Pendidikan setiap tahunnya mengalami kenaikan atau inflasi sekitar 10% -15 % dari level yang awal seperti PAUD sampai ke perguruan tinggi. Inilah pentingnya melakukan riset dan survei terlebih dahulu terutama dalam hal biaya, agar dapat mengetahui berapa biaya yang perlu disiapkan sehingga pada saatnya bisa masuk kesekolah sesuai keinginan.

 

Seandainya saat ini kamu memiliki anak usia 1 tahun dan sedang mengumpulkan dana pendidikan, maka ada waktu 3 tahun lagi untuk masuk ke sekolah TK. Kemudian ada waktu 5 tahun lagi untuk masuk SD, 11 tahun untuk masuk SMP, 14 tahun menuju SMA dan sampai yang tertinggi yaitu 17 tahun lagi, untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Kalau sudah mengetahui berapa uang yang nantinya dibutuhkan. Dan kapan kita memerlukannya. Kita baru bisa menghitung berapa jumlah cicilan tabungan atau investasi yang kita lakukan.

 

Misal untuk masuk ke SD dengan uang pangkal 20 juta untuk tahun depan. Jangan lupa juga ada factor inflasi Pendidikan yang rata-rata sebesar 10 %-15 % setiap tahunnya. Katakanlah inflasi biaya itu berkisar 15 persen per tahun. maka kita harus mempersiapkan uang pangkal sekolah paling tidak sebesar Rp23 juta untuk tahun depan. Untuk mencapai 23 juta tahun depan. artinya setiap bulan kita harus menyisihkan sekitar Rp2 juta per bulan. Kalau pun tidak setinggi itu, setidaknya nanti saat dibutuhkan kamu mempunyai dana yang digunakan untuk penunjang Pendidikan anak.

 

Nah, Kenapa sebaiknya menyiapkan dana pendidikan sampai level Perguruan Tinggi secara mendetail, padahal itu masih jauh sekali? Karena, semakin cepat kamu mengumpulkan dana pendidikan, maka “cicilan” alias nabung bulanan akan semakin kecil. Namun, jika berdasarkan hitungan budget bulanan kamu merasa belum mampu, maka tentukan skala prioritas. Misal, yang paling mendekati adalah untuk jenjang TK dan SD, maka fokus saja ke tujuan tersebut terlebih dahulu.

 

Semoga bemanfaat. Be Smart, wealthy today and Achieve financial freedom