Home » Perencanaan Keuangan Syariah » Islamic Financial Planning- Series: Apa Sih Cashflow itu?

Islamic Financial Planning- Series: Apa Sih Cashflow itu?

Cashflow atau laporan arus kas sejatinya merupakan salah satu laporan keuangan yang penting dalam bisnis. Hal ini karena laporan tersebut berfungsi untuk melacak setiap pemasukan serta pengeluaran perusahaan. Di bawah ini akan dijelaskan engertian terperinci soal laporan arus kas atau cashflow. Berikut pemaparan selengkapnya.

Sebelumnya mungkin masih ada yang belum paham tentang pengertian cashflow atau laporan arus kas. Laporan arus kas yaitu salah satu jenis laporan keuangan yang menyajikan informasi relevan tentang arus kas masuk serta arus kas keluar perusahaan. Dalam laporan arus kas ini akan melaporkan aliran kas yang berasal dari beberapa sumber. Mulai dari kegiatan operasional, aktivitas investasi, serta kegiatan pendanaan perusahaan.

Ibarat alirain air selokan, ada lubang untuk menampung air dan di ujungnya ada lubang untuk mengeluarkan air.

Nah cashflow (aliran arus kas) itu mirip-mirip dengan aliran air tadi. Ada dana yang Masuk dan Ada dana yang Keluar (Cash in and Cash Out)

Cashflow

Cash in ini adalah PENDAPATAN/PENGHASILAN yang Kamu peroleh dari hasil pekerjaan. Apakah Kamu memperolehnya tiap hari, tiap minggu, tiap bulan dll.

Kalau Kamu seorang karyawan, pendapatan Kamu dari Gaji. Kalau Kamu seorang sales/penjual, pendapatan Kamu dari keuntungan penjualan Kalau Kamu seorang agen asuransi, pendapatan Kamu dari Komisi/ remunarasi Kalau Kamu seorang pengusaha, pendapatanmu bisa dari komisi, deviden, penjualan, sewa dll

Kalau Kamu seorang karyawan + sales +agen asuransi + pengusaha maka totalin deh uang yang Kamu hasilkan dari pekerjaanmu tsb
*pakai icon profesi saja (karyawan dll)

Cash out ini adalah PENGELUARAN yang Kamu belanjakan. Apakah Kamu belanjanya tiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali?
Contohnya: Bayar Zakat, Bayar cicilan, Bayar uang sekolah anak, Bayar Asuransi, Belanja bahan pokok dll

Nah, Jika Kamu sudah tau Uang yang Kamu peroleh darimana saja dan Kamu juga tau Uang yang ada dibelajakan kemana saja dan Tau berapa jumlahnya maka itulah Cashflow…

Surplus: Solusi-à di tabung/diinvestasikan
Defisit: Solusi à jual asset/ tambah penghasilan/berhutang

Gimana, mudahkan?

Bijak dan cerdas kelola arus tunaimu bersama kami dengan mengikuti kelas perencanaan keuangan syariah di sini.