Home » Perencanaan Keuangan Syariah » Agar Tidak Terlilit Hutang. Coba Lakukan Cara Berikut Ini!!
hutang

Agar Tidak Terlilit Hutang. Coba Lakukan Cara Berikut Ini!!

Penulis: Ameylia Natasya Siregar

hutang

Menjelang libur anak sekolah dan bertepatan dengan liburan akhir tahun, biasanya banyak sekali orang tua yang ingin berlibur dan mengajak putra putrinya untuk pergi liburan. Tidak ada hal yang salah ketika Kita ingin liburan apalagi hal tersebut sudah diplanning sejak lama dan telalh direncanakan dengan sebaik mungkin. Maka liburanpun terasa nikmat karena sesuai dengan apa yang diharapkan atau dicita-citakan oleh keluarga tersebut terpenuhi. 

Agar tidak tergiur dengan tawaran untuk Terlilit hutang saat lebaran nanti, Anda bisa melakukan 5 hal berikut ini:

Pertama, Cek Fasilitas Kartu Kredit Syariah Anda 
Ingat, ketika Anda memiliki kartu kredit maka gunakanlah dengan bijak dan manfaatkan promo yang ada didalamnya. Kartu Kredit Syariah bukanlah kartu untuk ber-hutang melainkan kartu tersebut adalah kartu untuk alat pembayaran. Ketika Anda menggunakannya berarti Anda memiliki uang untuk membayarkan kartu kredit tersebut tepat waktu dan lunas!. 

Cek beberapa fasilitas yang ada didalamnya atau Anda bisa bisa cek melalui website dari kartu kredit syariah Anda. Diantaranya ada fasilitas lounge di bandara atau free bagasi atau bahkan diskon pembelian tiket dll. Hal ini akan membuat Kamu TIDAK TERGODA dengan BERHUTANG memakai kartu kredit jika Kamu paham penggunaannya. 

Kedua, Manfaatkan DISKON 
Diskon merupakan hal disuka oleh masyarakat Indonesia sehingga banyak juga para penjual yang memanfaatkan hal ini. Kamu bisa mengecek beberapa platform untuk membandingan harga yang tercantum (yaaa… lumayan ribet siyyy… tapi bisa Anda coba untuk menghematkan J?? Mulai dari tiket perjalanan, tiket hotel, tiket tempat wisata dll baiknya Kamu siapkan jauh hari sebelum liburan dilaksanakan karena harga menjelang liburan biasanya jauh lebih mahal dibandingkan  dengan sebelum liburan. Kalau Anda bisa memanfaatkan diskon saat perjalanan liburan Anda dan Keluarga maka Anda akan bisa menghemat uang yang dikeluarkan loh! Hasil penghematan tersebut bisa deh Kamu alokasikan untuk beli oleh-oleh misalnya dan lain-lain. 

Kalau memang belum ada diskon dan Anda sudah merencanakan matang-matang untuk liburan akhir tahun ya silahkan saja jalankan karena Kamu pasti sudah membuat anggaran liburan kan? 

Ketiga, Hindari Pay Later 
Kalau Anda saat ini belum punya uang untuk liburan, baiknya emang Anda harus bersabar dan mulai untuk menabung untuk tujuan liburan yang akan datang. Jangan memaksakan diri untuk berlibur dengan memakai fasilitas pinjaman online (pinjol) kalau ga ada uang untuk membayarnya. Hal ini akan membuat bom waktu dan suatu saat akan meledak karena Anda hanya mengikuti gaya hidup semata dengan hutang.

Tahan nafsu Anda untuk berlibur jika memang saat ini belum ada uangnya sehingga Anda terbebas dari tawaran pinjol yang tingkat pengembaliannya sangatlah besar dan akhirnya Anda bisa menjual barang-barang Anda untuk membayar hutang. Hutangnya untuk memenuhi gaya hidup Anda.

Selamat Liburan dan bersenang-senang dengan keluarga yah….

Itu tadi Agar Tidak Terlilit Hutang. Coba Lakukan Cara Berikut Ini, semoga bermanfaat.